Pengenalan Blog

Kapan pertama kali anda mendengar istilah Blog?
Apa yang pertama terbayang saat pertama kali anda mendengar istilah Blog?

Pada suatu hari anda login pada akun facebook / twitter, dan diberanda / timeline terdapat status teman yang menyertakan link ke alamat blog tertentu. Karna penasaran, anda membuka link yang tertera tadi. Hingga anda membuka sebuah halaman blog yang didalamnya terdapat beberapa informasi yang mungkin saja berguna bagi anda.

Pengenalan Blog - Nerrrrrrrr

Ada hasrat ingin berbagi dan sharing pengalaman yang anda miliki dengan menuangkannya dalam bentuk tertulis  di dalam sebuah blog. Namun pada saat itu anda sendiri blum mengerti apa arti dan juga fungsi dari blog itu sendiri.

Oke, langkah pertama kita buka search engine (ex: google.com) dan mengetikan kata kunci "Blog adalah". Dari  kata kunci tadi pastinya kita akan mendapat beberapa rujukan halaman web/blog yang memuat artikel tentang pertanyaan kita tadi. Dari beberapa sumber saya kutip dibawah ini

‘Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.’ Oleh Wikipedia.


‘Sebuah weblog adalah hirarki teks, gambar, objek media dan data, yang tersusun secara kronologis, dan dapat dilihat dalam browser HTML.’ Oleh Harvard University.


‘Sebuah blog pada dasarnya adalah sebuah jurnal yang tersedia di web. Kegiatan memperbarui blog adalah “blogging” dan seseorang yang membuat sebuah blog adalah “blogger.” Blog biasanya Diperbaharui harian menggunakan software yang memungkinkan orang dengan sedikit atau tidak ada latar belakang teknis untuk memperbarui dan memelihara blog. Posting di blog ini hampir selalu diatur dalam urutan cronological terkini dengan penambahan fitur yang paling menonjol. Menulis dalam sebuah blog hampir selalu dalam urutan kronologis dengan penambahan fitur yang paling terkini yang paling menonjol.’ Oleh Matisse.net/glossary.

Jika diibaratkan, blog adalah suatu wadah. Dimana pada wadah itu dapat diisi dengan berbagai hal seperti tulisan, gambar, video ataupun lagu. Dengan berbagai fungsi dan tujuan tertentu dari sang pembuat.

No comments:

Post a Comment