Mengenal Pribadi Introvert

introvert, ner, nerrrrrrrr, pribadi introvert
Apakah teman atau kaluarga anda seorang introvert? 
Atau Anda sendiri seorang introvert? 
Tetaplah positif dan tidak perlu cemas terlebih merendahkan diri.

Tidak seperti mitos yang banyak dibicarakan, seorang introvert bukanlah orang yang anti sosial atau seorang tanpa skill bersosialisasi. Orang introvert mempunyai kebutuhan dan cara bersosial berbeda dari yang lain.

Persahabatan
Tidak mudah bagi seorang introvert untuk mengawali sebuah pertemanan karena hal itu akan menguras energinya. Nyatanya, seorang introvert tidak membutuhkan lingkar pertemanan yang luas. Mereka lebih menyukai satu atau dua sahabat dekat, meskipun mereka mampu mengenal banyak orang. Dengan pilihan hidup seperti ini, seorang introvert sering terlihat dan bahkan dikritik kuper, sombong, jaim, jual mahal, menjalani ilmu hitam, bahkan dituduh teroris.

Cara Bersosial
Seorang introvert membutuhkan banyak ruang pribadi. Mereka lebih suka menyendiri dalam kamar dengan pintu tertutup. Bagi orang yang tidak memahami, hal ini sering diterjemahkan sebagai tanda depresi. Kebiasaan ini adalah sesuatu yang wajar bagi seorang introvert. Bagi mereka, berada di sekeliling orang adalah hal yang menguras energi, mereka membutuhkan waktu di ruang pribadi untuk mengisi energi yang telah terbuang. Menyendiri juga memberikannya kesempatan untuk berfikir secara jernih. Seorang introvert juga tidak mampu menikmati undangan acara pernikahan, mereka akan menghabiskan waktunya dengan satu atau dua orang untuk membicarakan topik yang mereka benar-benar kuasai. Seorang anak yang introvert lebih memilih bermain dengan satu atau dua anak lain.

Aktifitas Kesukaan
Seorang introvert menikmati aktifitas dalam kesendirian atau dengan sedikit orang. Seorang yang introvert biasanya mempunyai hobi membaca buku-buku dan aktifitas yang mengekspresikan kreatifitas misalkan menulis kreatif, musik dan seni. Seorang anak kecil yang introvert juga menyukai permainan imajinatif tanpa keramaian disekitarnya. Ketika mereka diajak bergabung dalam permainan berkelompok, anak kecil yang introvert akan mundur dan melihat dulu sebelum bergabung. Ini bukan tanda pemalu, mereka mencoba beradaptasi dengan suasana sebelum bergabung.

Sikap Sosial
Seorang introvert tidak suka menjadi pusat perhatian, meskipun itu perhatian yang positif. Tidak mengherankan jika seorang introvert lebih memilih untuk tidak meluap-luapkan keberhasilan dan potensinya. Ketika seorang introvert kelelahan berada dalam diskusi kelompok, mereka menunjukkannya melalui gerakan tubuh dan ekspresi wajah. Seorang introvert akan menjadi lebih aktif berbicara di tempat yang nyaman baginya, misalkan di rumah dan tempat tanpa kegaduhan.

Interaksi Sosial
Sorang introvert mempunyai skill interaksi sosial yang berbeda dengan seorang ekstrovert. Ini bukan berarti seorang introvert adalah anti sosial dan kuper. Seorang introvert adalah pendengar yang baik dan jarang melakukan interupsi, mereka lebih suka mendengarkan daripada berbicara. Seorang introvert cenderung berkomunikasi tanpa menatap lawan bicara. Mereka tidak menyukai bualan-bualan dan pembicaraan kecil. Meskipun seorang introvert tampak diam, mereka menjadi aktif jika tertarik dengan topik pembicaraan dan menguasai topik tersebut. Mereka tidak suka diinterupsi saat berbicara ataupun saat mengerjakan tugas-tugasnya.

Ekspresi Verbal
Seorang introvert lebih memilih mengekspresikan idenya dengan menulis daripada membicarakannya. Ketika berpidato, mereka butuh waktu sebelum menjawab pertanyaan yang muncul. Berfikir sebelum berbicara menjadikan seorang introvert terlihat lambat untuk merespon komentar dan pertanyaan. Mereka kadang terlihat gagap saat berbicara karena kesulitan mencari kata yang tepat.

Respon Emosi
Seorang introvert mudah kehabisan emosi setelah berkumpul dalam kelompok, terlebih orang asing. Mereka tidak menyukai tempat ramai dan seorang anak yang introvert akan terganggu dengan situasi yang sama. Seorang introvert tidak suka berbagi tempat pribadinya dengan orang lain. Seorang introvert akan kesulitan mencurahkan perasaannya. Mereka juga akan sangat malu dengan kesalahan kecilnya di tempat umum.

* * *

Apa positifnya terlahir sebagai introvert?
Seorang Introvert lebih fokus kepada hal yang bersifat psikis daripada fisik, senang menjelajahi ruang pikiran, menonton tayangan yang dapat mengasah otak. Seorang introvert mampu berkonsentrasi dalam waktu panjang pada buku yang dibaca, pekerjaan ataupun proyek yang diminati. Di dalam dunia kerja seorang introvert dapat bersikap tenang menghadapi segala tekanan dan permasalahan. Seorang introvert mampu menyelam penuh ke dalam pemikirannya. Membaur bersama intuisi dan ketenangan yang bersinergi dengan sunyi.

Apa perbedaan seorang yang introvert dan pemalu?
Pemalu dan introvert adalah dua hal yang berbeda meski terlihat hampir sama. Seorang introvert menikmati waktu dalam kesendirian dan merasa lelah setelah berkumpul banyak orang. Sedangkan seorang pemalu tidak selalu ingin sendiri tapi merasa takut ketika harus berinteraksi dengan orang lain. Sebagai contoh, di dalam kelas yang gaduh, seorang anak yang pemalu akan tetap di bangkunya karena malu dan takut untuk bergabung dengan yang lain. Sedangkan seorang anak yang introvert lebih suka membaca buku di bangkunya karena bergabung dengan kegaduhan hanya akan membuang energinya sia-sia.

Mengapa Bisa Demikian?
Menurut majalah American Journal of Psychiatry, ada lebih banyak darah yang mengalir di daerah Anterior pada otak bagian depan pada seorang introvert. Bagian ini berfungsi sebagai pengolah inti, seperti merencanakan sesuatu dan pemecahan masalah. Hal ini yang menyebabkan mereka memiliki kekuatan konsentrasi yang baik, mereka cepat menangkap dan berintelegensi tinggi. Introvert adalah pemikir yang dalam. Mereka mampu melihat suatu hal dari segi manapun, berbeda dengan seorang ekstrovert yang cenderung berfikir secara momentum.

Tips dan Kesimpulan
Bila Anda adalah seorang introvert dan merasa puas dengan jumlah persahabatan yang sudah ada, abaikan teman yang men-judge Anda secara negatif. Namun, Anda juga berhak untuk lebih terbuka pada pengalaman baru, Anda dapat bertemu dengan teman-teman hebat yang mempunyai banyak kesamaan dengan Anda. Anda tidak sendirian, ada Mahatma Ghandi, Albert Einstein, Bill Gates, Micahel Jordan, J.K Rowling, dll. Hampir semua tokoh superhero juga adalah seorang introvert. Saat tidak dibutuhkan mereka menjadi orang biasa, namun saat keadaan genting mereka menjadi sosok yang luar biasa. Manfaatkan keintrovertan Anda untuk mempelajari hal-hal yang membantu Anda meraih karir impian.

Bila teman Anda seorang introvert, hargailah dan pandanglah dia secara positif. Sebuah pertemanan tidak mengenal perbedaan, menjadi diri sendiri adalah lebih baik dengan tanpa mengganggu terlebih merendahkan eksistensi kehidupan orang lain.

Source : goo.gl/pY32f

No comments:

Post a Comment