7 Tips Livetweet yang Efektif

Mempromosikan suatu event melalui Twitter? Sebuah trik yang layak dicoba. Bagi Anda yang bergerak di bidang bisnis event organizer, atau peluncuran produk maupun jasa, seminar, talkshow, atau apapun itu, cara ini cukup menguntungkan. Livetweet, begitu kita biasa menyebutnya, merupakan salah satu cara agar produk atau jasa Anda semakin dikenal melalui social media.

Apa keuntungan livetweet? Livetweet adalah aktivitas memposting kronologis suatu acara, langsung ketika acara berlangsung. Keuntungannya, orang yang tidak tahu mengenai event tersebut menjadi tahu dan tertarik. Mereka yang tidak sempat hadir pun bisa mengikuti jalannya acara melalui livetweet. Lebih luas lagi, teman-teman di Twitter bisa ikut mendiskusikan program yang sedang berlangsung. Cara ini cukup ampuh untuk mempromosikan acara Anda, sehingga kelak ketika mengadakan acara serupa, sudah banyak orang yang aware.

livetweet, ner, nerrrrrrrr

Bagaimana cara livetweet yang baik? Berikut ada beberapa langkah yang bisa dilakukan:

1. Tetapkan tagar atau hashtag
Buat hashtag alias tagar yang simpel, mudah diingat, dan sesuai dengan nama event yang akan digelar. Misalnya #SocMedFest12 untuk event Social Media Festival 2012, dan seterusnya.

2. Lakukan jauh-jauh hari
Agar banyak follower aware mengenai acara yang akan dilangsungkan, twitlah informasi tentang acara Anda sejak jauh-jauh hari. Gunakan tagar yang sudah ditetapkan agar terkesan konsisten.

3. Sebelum acara berlangsung
Saat hari H, twitlah informasi seputar persiapan acara. Sebutkan siapa saja yang akan hadir, apa topiknya, dimana tempatnya, dan sedikit info tentang kesibukan persiapan. Lebih bagus lagi jika melakukan mention akun Twitter orang-orang yang akan hadir di acara Anda.

4. Pengulangan informasi
Informasi yang berulang-ulang tentang acara yang akan berlangsung bisa membuat follower jenuh. Buatlah kalimat yang bervariasi, menarik, dan menyenangkan. Ajak follower Anda berinteraksi tentang acara tersebut.

5. Livetweet saat event
Sampaikan jalannya acara secara kronologis, namun tidak dengan kalimat kaku. Twit juga sejumlah pernak-pernik yang seolah remeh namun menarik dan lucu selama acara berlangsung. Sertakan kutipak kalimat dari pembicara yang dirasa punya greget dan bisa memancing interaksi dengan follower.

6. Sertakan twitpic
Agar follower Anda bisa menangkap informasi acara secara lebih hidup, lakukan twitpic beberapa foto-foto menarik selama jalannya event. Mention ke orang-orang yang ada di foto tersebut. Mereka akan dengan senang hari me-retweet-nya.

7. Ucapan terima kasih
Setelah acara usai, jangan lupa ucapkan terima kasih ke semua pembicara dan pengunjung. Mention akun Twitter mereka satu per satu jika ada, agar mereka merasa dilibatkan dalam livetweet dan mereka akan me-retweet-nya.

Source : goo.gl/Z1vDW

No comments:

Post a Comment