Rahasia Perusahaan Dalam Merekrut Karyawan

melamar kerja, tips n trik, ner, rendra maramis, nerrrrrrrr
Banyak cara perusahaan memilih karyawannya, berikut ini beberapa rahasia cara memilih karyawan yang dilakukan oleh perusahaan. Sudah dimaklumi, umumnya perusahaan yang hendak mengembangkan usahanya tentu membutuhkan tambahan karyawan. Semakin banyak sektor usaha yang digarap maka semakin memerlukan sumber daya manusia untuk mengerjakannya. Sehingga perekrutan karyawan meupakan suatu keharusan.


Meskipun merekut karyawan taksemudah yang dikira, pasalnya perusahaan pun mengerti dalam merekrut tidak bisa asal comot. Namun takjarang terjadi 'bedol desa', maksudnya seorang karyawan suatu perusahaan A direkrut dengan membonceng teman-temannya yang lain untuk sama-sama bekerja di perusahaan B.

Inilah Cara Perusahaan Merekut Karyawannya


Jeli dalam memilih karyawan
Perusahaan sudah menilai pekerjaan sesuai dengan tugas dan kemampuan. Karena bila merekrut karyawan tidak sesuai dengan tugas dan kemampuan sudah bisa diprediksi pekerjaan bukannya selesai malah akan semakin berantakan. Maka perusahaan pun akan senantiasa jeli dalam memilih karyawan baru.


Merilis iklan lowongan kerja baik di koran atau di internet
Sebelum merekrut karyawan baru, sebuah perusahaan biasanya sudah mempersiapkan apa tugas dan tanggungjawab yang harus dikerjakan. Kemudian, perusahaan menetapkan kriteria calon pegawai yang dibutuhkannya, akhirnya perusahaan merilis iklan lowongan kerja baik di koran atau di internet.

Selanjutnya, perusahaan akan menerimaa banyak surat lamaran yang masuk setelah merilis iklan lowongan kerja. Untuk itu, perusahaan akan menyaring surat lamaran yang masuk dengan cara wawancara. Beberapa hal yang biasa dilakukan oleh perusahaan saat mewawancari calon pegawainya, antara lain; mencari tahu latar belakang si pelamar, seperti latar belakang pendidikan atau pengalaman bekerja di perusahaan sebelumnya. Takjarang perusahaan akan menggali potensi dan skill yang dimiliki calon pegawainya saat proses wawancara.

TAHUKAH ANDA? Taksedikit perusahaan yang tidak tergiur oleh penampilan menarik dan meyakinkan dari si pelamar.

Setelah proses wawancara selesai dilakukan, biasanya perusahaan akan melakukan tes psikologi alias psikotes. Bagi perusahaan psikotes adalah hal yang penting dan bermanfaat, karena bisa dengan mudah memperoleh gambaran karakteristik calon pegawainya. Bila tidak dilakukan oleh bagian sumber daya manusia internal biasanya mereka akan menyewa tim penguji psikologi.

Perhatikan beberapa sikap dasar yang diinginkan perusahaan

Beberapa sikap dasar yang diperhatikan oleh perusahaan terhadap calon pegawainya, antara lain:
  • - kejujuran,
  • - keuletan,
  • - kedisiplinan,
  • - kecerdasan,
  • - cekatan,
  • - kemampuan bekerjasama, dan
  • - sikap menghargai teman.
Untuk itu, guna mengetahui hal tersebut di atas, perusahaan akan memperkerjakan pegawai baru dengan masa kerja selama 3 bulan. Atau dinamakan juga dengan masa uji coba. Saat masa uji coba, perusahaan akan mencermati kinerja pegawai baru, apabila selama uji coba perusahaan menemukan ketidaksesuaian, maka pegawai akan diberhentikan dengan sesegera mungkin tidak ditunda-tunda lagi. Lalu, perusahaan akan mencari lagi pegawai yang lebih sesuai dengan kriteria perusahaan.

Perusahaan akan ekstra hati-hati saat terjadi ketidaksesuaian kriteria pegawai.

Perusahaan setelah mengalami ketidaksesuaian pegawai, selanjutnya mereka akan lebih hati-hati dalam perekrutan. Biasanya setelah itu perekrutan sudah bukan lagi berdasarkan rasa kasihan dan akan senantiasa obyektif dalam memilih pegawai.

KETAHUILAH! Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang menghindari perekrutan atas dasar keluarga, saudara, atau teman.

Jadilah pegawai yang berprestasi!

Saat sudah bergabung dengan perusahaan yang diminati, sebaiknya teruslah fokus bekerja sesuai dengan tugas yang diberikan oleh perusahaan. Takjarang perusahaan akan memberikan penghargaan terhadap karyawannya berupa bonus dan komisi bila bekerja melebihi ekspektasi atau memiliki prestasi atau bekerja dengan sangat baik.

Perusahaan yang selektif tidak akan tergesa-gesa saat menentukan karyawan. Sehingga perusahaan merasa yakin telah memilih karyawan yang terbaik dan berkualitas yang bisa mendukung perusahaan dalam menjalankan roda bisnis.

Simpulan:

  • - Carilah lowongan pekerjaan di koran atau di internet,
  • - Saat wawancara, lakukan yang terbaik, dan tampillah apa adanya takusah berlebihan,
  • - Sebelum psikotes, pelajarilah buku psikotes yang bisa diperoleh di tokko-toko buku,
  • - Jadilah pegawai yang baik dan jujur, serta disiplin, cekatan dan juga cerdas,
  • - Latihlah diri sehingga menjadi pegawai yang inisiatif, produktif, serta proaktif - tidak reaktif,
  • - Jadilah pekerja yang pintar menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja, kooperatif,
  • - Tetaplah yakin, perusahaan yang ditempati adalah perusahaan yang sehat tidak berlaku korupsi, kolusi, dan nepotisme di dalamnya.

Itulah, "Rahasia Perusahaan dalam Merekut Karyawan". Mudah-mudahan bermanfaat buat Anda yang sedang mencari pekerjaan. Semoga bermanfaat ... And good luck! Original

0 comments: